Thursday, January 24, 2013

Membuat Lensa Makro Sendiri


Anda hobi fotografi makro? Anda sering menggunakan telepon seluler sebagai medianya? Jika iya, saya memiliki trik untuk menghasilkan foto yang mungkin berguna. Salah satunya dengan menggunakan lensa tambahan. Sebenarnya lensa seperti ini sudah banyak yang menjual dengan berbagai efek yang dihasilkan. Namun, lensa yang saya gunakan merupakan hasil kreativitas dengan modal dari barang-barang bekas.
Anda penasaran?

Dunia fotografi menurut saya tidak terbatas. Hal itu terlihat dari semakin banyaknya yang memanfaatkan gadget, salah satunya telepon seluler, sebagai media. Keseriusan fotografi di dunia gadget tidak saja ditunjukkan oleh perusahaan yang melekatkan kamera-kamera canggih dengan piksel yang semakin besar, serta aplikasi pendukungnya.


Fotografi dengan media gadget semakin hari terlihat semakin luar biasa, baik itu dari perangkat dan media maupun dari foto yang dihasilkan. Telepon seluler sekarang ini dibekali dengan modul kamera yang mumpuni. Modul kamera yang fantastik salah satunya dilesakkan pada Nokia meluncurkan Nokia 808 PureView 41 MP. Anda bisa bayangkan kualitas foto yang dihasilkan setara dengan kamera DSLR.
Bukan hanya perangkat kamera yang semakin canggih, tetapi juga pengembang software atau aplikasi yang bekerja keras untuk menghasilkan dan memudahkan para penghobi gadget fotografi. Sebagai pengguna android, Anda bisa mencoba Vignette, Adobe Photoshop, ProCapture, Fast Burst Camera, PicsPlay Pro, dan lain-lain. Sementara para pengguna Apple, anda bisa mencoba Top Camera, Camera360 Concept, KitCam, Snapseed, iPhoto, ataupun Clone Camera.
Jangan Buang Kamera Rusak Anda

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat lensa makro versi saya adalah lensa yang diambil dari kamera bekas, klip kertas, cincin karet (saya ambil dari karet penahan regulator kompor gas), lem, dan kesabaran serta kreativitas Anda.
Camera Nikon Coolpix Bekas

Tahap pertama
Anda harus berani untuk membongkar kamera bekas yang anda miliki. Jika sudah terbongkar, coba untuk mengambil lensanya. Dengan begitu, anda bisa mengetahui seberapa besar dudukan lensa yang dibutuhkan. Bahkan jika beruntung, anda akan mendapatkan dudukan lensa sekaligus.

Bahan Lensa Makro


Tahap kedua
Setelah memiliki lensa, anda tinggal mencari cincin karet. Saya memilih bahan dari karet karena material ini bisa menahan lensa cukup kuat, mudah untuk membongkarnya bila diperlukan, dan tidak akan merusak atau menggores permukaan gadget. Dari kasus saya, karet yang cocok adalah karet penahan regulator kompor gas.

Bahan-bahan

Tahap Ketiga
Jika sudah memiliki bahan-bahannya, anda tinggal merangkainya. Masukkan lensa ke dalam cincin karet. Tidak perlu dilem jika cincin karet yang anda miliki cukup kuat menggenggam lensa. Setelah lensa terpasang pada cincin karet, anda tinggal melilitkan langsung klip kertas. Karena memiliki dudukannya, saya tinggal mengelem pada cincin karet. Jika tidak menemukannya, Anda bisa langsung melilitkannya. Sebelumnya ukur ketebalan gadget anda sehingga nantinya lensa tidak akan bergeser.
Demikianlah... selamat mencoba dan berkreativitas.


Lensa Makro Jadi



Sebagian Hasil Foto














1 comment: